2. Pengenalan 5R : 3. Diagnosa 5R
Istilah diagnosa biasa digunakan di dalam dunia kedokteran yaitu suatu proses untuk mengidentifikasikan atau menentukan sifat alamiah dari suatu kondisi penyakit atau suatu kesimpulan terhadap sebuah pencapaian. Persamaan kata lain dalam bahasa Inggrisnya adalah analysis, conclusion, examination, interpretation, investigation, opinion, pronouncement, scrutiny, summary.
Peralatan yang
digunakan dalam melakukan diagnosa 5R di tempat kerja Anda adalah Lembar
Diagnosa atau Lembar Kriteria Audit dan Pena serta Kamera untuk
mendokumentasikan kondisi saat ini.
2.3.1 Lembar Kriteria Audit
Lembar kriteria audit 5R digunakan sebagai
alat untuk mendiagnosa. Dengan bantuan alat ini Anda dapat segera menilai
seberapa 'sakit' tempat kerja Anda. Lembar audit ini dapat digunakan di kantor
atau tempat kerja yang lain, namun di kemudian hari nanti pada saat Anda sudah
menjadi lebih terbiasa dengan alat ini, Anda boleh mulai membuat lembar audit
yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik di tempat kerja Anda.
Matriks 1 : Lembar Diagnosa 5R.
Dalam melaksanakan diagnosa penerapan 5R ini ada dua jenis kegiatan yang direkomendasikan:
• Patroli 5R
• Audit 5R
2.3.2 Patroli 5R
Patroli 5R adalah kegiatan berkeliling area kerja. Dilaksanakan dalam suatu kelompok pada waktu tertentu untuk tujuan memelihara tempat kerja, keamanan dan keselamatan kerja. Dengan fokus perhatian pada perbaikan tempat kerja. Menggunakan teknik berikut:
• 24 Identifikasi Masalah (Foto Area Kritis)
• Pemotretan dengan posisi tetap (Visual Fotografi)
• Daftar Area Kritis (Lembar Rencana Imprvovement)
Jenis pekerjaan yang dilaksanakan memerlukan
tindakan segera seperti; kabel yang terkelupas akan membahayakan operator yang
bekerja, keadaan pipa bocor yang menggangu kesehatan operator dan pemborosan
material, kap lampu yang kotor mengakibatkan cahaya yang redup sehingga
menyulitkan kegiatan inspeksi.
2.3.3 Audit 5R
Audit 5R adalah mengevaluasi kondisi saat ini dengan memperhatikan suatu pekerjaan terhadap standar yang ada. Menggunakan teknik berikut:
• Lembar Diagnosa atau Kriteria Audit 5R
• Foto sebelum dan sesudah (Lembar KAIZEN)
• Daftar Area Kritis (Lembar Rencana Imprvovement)
Sebuah contoh
terhadap pekerjaan yang sedang berlangsung, dengan adanya audit 5R dapat
menghilangkan kekacauan di area penyimpanan barang dan meningkatkan sistem
penyimpanan serta menjaga ketersediaan barang.
Diagram berikut ini menjelaskan hubungan antara kedua jenis kegiatan tersebut diatas dan menunjukkan penggunaanya secara bersamaan:
Diagram 1 : Kegiatan Patroli 5R dan Audit
5R.
0 comments:
Post a Comment