2. Pengenalan 5R

 


Sasaran    Mempromosikan penerapan 5R di tempat kerja

Kunci         Promosi & Kick-Off 

        Program Pelatihan

        Daftar AreaKritis


Tahap yang kedua dari Persiapan Penerapan 5R ini adalah ketika Anda siap untuk memulai dengan sungguh-sungguh Penerapan 5R di tempat kerja Anda.


Memulai Penerapan 5R

Di langkah-1 (Persiapan 5R), Anda mempersiapkan diri di belakang layar sebelum terjun ke area kerja berhadapan langsung dengan para karyawan. Mengetahui kondisi saat ini di perusahaan. Anda sudah menyiapkan pembagian zona tanggung jawab berupa suatu denah dari keseluruhan tempat kerja dan membaginya ke dalam wilayah spesifik, kemudian menentukan zona tanggung jawab dari Aktivitas Kelompok Kecil (AKK).

 

Setelah melakukan dua hal tersebut, berarti Anda sudah memulai program Penerapan 5R dan menyelesaikan seluruh pekerjaan administrasi dalam persiapan penerapan 5R. Selanjutnya di langkah-2 ini, Anda mempersiapkan diri untuk terjun langsung meluncurkan program penerapan 5R.


Di tahapan ini Anda diharapkan untuk memusatkan perhatiannya lebih mendalam ke masing-masing area penerapan. Rentang waktu untuk melakukan langkah ini seharusnya telah dibuatkan jadwal rencana penerapan Anda yang merupakan bagian dari Rencana Induk. 


Gambar 2 : Rencana Pengenalan 5R.


Untuk mengetahui lebih dalam keadaan tempat kerja saat ini Anda harus:

    • Menyiapkan Standar Penerapaan 5R dalam bentuk Lembar kriteria Audit.


Untuk memulai langkah pengenalan ini, silahkan menggunakan lembar kriteria audit yang telah disediakan. Namun akan lebih baik jika Anda segera menciptakan sendiri lembar kriteria audit untuk masing-masing wilayah yang ada.

    • Sebelum Kick-Off 5R, Merekam kondisi saat ini di setiap area AKK dengan memotretnya atau mendokumentasikan dalam bentuk video pada bagian-bagian yang spesifik. Selanjutnya untuk melihat kemajuannya dengan membandingkan kondisi sebelum penerapan 5R, pada saat penerapan 5R dan sesudah menjadi standar 5R di perusahaan.


Walau bagaimanapun, sebelum Anda memulai langkah-2 ini sangatlah perlu untuk memikirkan tentang proses pemecahan masalah perusahaan yang saat ini dihadapi. Semua alat bantu yang ada di dalam langkah ini mungkin saja dapat digantikan dengan formulir-formulir yang sudah ada di perusahaan Anda, atau dapat dijadikan sebagai alternatif dari yang sudah ada di tempat Anda bekerja, mungkin juga dapat mengintegrasikannya dengan alat bantu yang ada disini. Saya tidak ingin menggantikan aktivitas memecahkan masalah Anda, tujuan sebenarnya adalah hanya menemukan suatu cara untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang ada. 


2.1 Promosi & Kick-Off

2.2 Program Pelatihan

2.3 Diagnosa 5R

2.4 Foto Identifikasi Masalah

2.5 Daftar Area Kritis

2.6 Visual Fotografi

2.7 Informasi Aktivitas 5R


0 comments:

Post a Comment

About Us

Mengawali tahun 2000 sebagai konsultan senior, Cakra telah menfasilitasi penerapan-penerapan ‘Shopfloor Improvement’ di berbagai kelompok industri baik lokal maupun internasional di Indonesia. Seluruh kegiatannya selalu dimulai dengan memfasilitasi Penerapan 5R di pabrik, di bengkel, di gudang, di laboratorium, di kantor atau di perusahaan jasa.

S I K A T I N ®

Cakrawijaya memulai perjalanan karirnya dengan pendekatan cara orang belajar naik sepeda. Berbekal pengalaman jatuh bangun yang sangat berharga ini, ia belajar langsung dari sumbernya di perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia, Jepang dan Jerman, ‘shopfloor' adalah tempat ia berkarya, termasuk berguru dari guru-guru dan mentor yang hebat-hebat disana. Tumbuh, berkembang dan sangat mencintai pekerjaannya di dalam mentransfer ilmu yang didapatkan di ‘shopfloor'. Meyakini bahwa melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang mampu meningkatkan produktivitas kerjanya adalah cara untuk unggul di dalam persaingan yang ketat dan tuntutan pada perubahan yang begitu cepat. Dengan berbagi pengalaman dan pemahamannya, semoga rekan-rekan para praktisi di shopfloor akan mendapatkan manfaat dari sini, Aamiin.

Get In Touch